Selasa, 20 Mei 2014

ILMU KEALAMAN MENURUT ISLAM




BAB I
PENDAHULUAN
A.       Pendahuluan
Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Banyak disebutkan dalam Al Qur’an ayat-ayat yang menganjurkan manusia untuk senantiasa mencari ilmu. Allah senantiasa meninggikan derajat orang-orang yang berilmu, sebagaimana telah dijelaskan dalam surat al-Mujadalah ayat 11:
.........يرفع الله الذين ءامنوا منكم والذين أوتو العلم درجات (المجادلة: 11)
Yang terpenting adalah ilmu itu tujuannya tidak boleh keluar dari nilai-nilai islami yang sudah pasti nilai-nilai tersebut membawa kepada kemaslahatan manusia. Seluruh ilmu, baik ilmu-ilmu teologi maupun ilmu-ilmu kealaman merupakan alat untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan selama memerankan peranan ini, maka ilmu itu suci
Agama Islam, di samping sebagai keyakinan yang dianut oleh manusia dengan corak spritualnya, juga harus dipelajari sebagai objek kajian Ilmiah yang menarik. Alasannya adalah, Agama dapat mempengaruhi semangat kerja, semangat juang dan berkorban bagi pemeluknya. Bahkan menjadi kekuatan pendukung atau penghancur sebuah rezim.
Pada bagian berikutnya kajian Islam berkembang, tidak hanya mengkaji tentang ketuhanan, tetapi juga mengkaji tentang ilmu-ilmu kealamam seperti: Fisika, Kimia, Biologi yang bertujuan mensari hukum-hukum alam atau mensari keteraturan-keteraturan yang terjadi pada alam. Pada kesempatan ini pemakalah ingin menguraikan secara ringkas Islam dalam kajian ilmiah, hubungan dan implikasinya terhadap bidang ilmu kealaman dan Al-Qur’an.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan hasil dari latar belakang masalah diatas, maka adapun permasalahan-permasalahan yang akan di bahas dalam makalah ini diantaranya adalah:
1.      Apakah yang dimaksud dengan ilmu kealaman ?
2.      Bagaimana peranan sain dalam mengena Tuhan ?
3.      Bagaimana peranan sains dalam stabilitas dan pengembangan masyarakat Islam ?
4.      Surah dan ayat Al-Qur’an apa yang ada hubungannya dengan ilmu kealaman (sains) ?






BAB II
PEMBAHASAN

1.    Ilmu Kealaman Menurut Islam
Ilmu kealaman yang disebut juga dengan “Natural Scienses” adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan benda-benda serta perkembangannya. Sumber dari ilmu ini adalah alam. Manusia yang merupakan makhluk sapiens didorong oleh kebutuhan dan rasa ingin tahunya, mengerahkan kekuatan akalnya untuk menyingkap rahasia alam. Agar pengetahuannya itu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, maka dia menetapkan kriteria-kriteria yang benar yang disebut dengan metodologi ilmiah, yaitu menggabungkan cara berfikir deduktif dan induktif. Dengan cara yang seperti ini, maka manusia dapat menyingkap rahasia alam yang melahirkan berbagai disiplin ilmu. Seperti, Kimia, Fisika, matematika, Biologi, Antropologi fisik, Geologi, Astronomi, ilmu kedokteran dan ilmu-ilmu alam lainnya.
Ilmu-ilmu kealaman disebut juga ilmu-ilmu eksakta (ilmu pasti)yang kebenarannya pasti, walaupun dalam kenyataan sosiologisnya bersifat kebenaran probabilistis. Yaitu sebuah teori keilmuan yang saat ini dianggap benar, namun besar kemungkinan pada saat yang  lain terori tersebut akan di tumbangkan oleh teori yang datang belakangan.
Inti dari ilmu kealaman ini adalah fositivisme, artinya sesuatu itu baru dianggap sebagai ilmu kalau dapat diamati (observable), dapat diukur (measurable) dan dapat dibuktikan (veriviable). Dalam Islam, alam adalah ciptaan dan anugerah. Sebagai ciptaan ia bersifat teleologis, sempurna dan teratur. Sebagai anugrah, alam adalah tempat yang baik dan tidak ternoda bagi manusia. Tidak ada jurang pemisah di alam. Tidak ada objek atau kejadian di alam ini terjadi secara kebetulan. Semua kejadian yang terjadi dengan sebab akibat yang dapat diperkirakan. Inilah sebabnya mengapa alam adalah kosmos yang nyata, bukan shaos yang membiarkan terjadinya sesuatu tanpa akibat, atau kadang-kadang berakibat, kadang-kadang tanpa akibat.
Jadi jelaslah bagi kita bahwa di dalam Islam, alam merupakan ciptaan Allah untuk manusia. Manusia di suruh untuk memelihara dan melestarikan alam ini dengan baik dan tidak boleh merusaknya.

a.    Peranan sains dalam mengenal Tuhan

Sains secara sederhana dapat diuraikan sebagai penafsiran dan pemaparan manusia secara sistematis tentang seluk beluk alam semesta melalui kegiatan ilmiah yang dilakukannya. Sain adalah sarana menanamkan aqidah.
Sains dan Keberadaan Alloh Dengan sains, manusia mampu memahami adanya kebesaran, keteraturan, keharmonisan dan keindahan segala yang ada di alam, termasuk diri manusia itu sendiri, dari yang paling kecil seperti atom hingga yang paling besar seperti galaksi. Dengan merenungi kenyataan ini secara mendalam, manusia pada akhirnya mampu berkesimpulan bahwa mustahil sistem yang sempurna ini ada dengan sendirinya, dan dapat terus eksis secara dinamis tanpa ada yang menciptakan segala kesempurnaan tersebut. Dialah Allah, Rabb yang menciptakan segala sesuatu di alam.
Sains dan Sifat-Sifat Alloh. Lebih dari sekedar menunjukkan keberadaan Pencipta, sains mampu mengungkap Sifat-Sifat Alloh Yang Agung. Keteraturan dan kesempurnaan di alam menunjukkan sifat-Nya yang Maha Tahu dan Maha Kuasa dalam menciptakan hukum-hukum di alam agar berjalan secara sempurna dan teratur. Ditumbuhkannya beragam tanaman, diciptakannya berjenis-jenis hewan sebagai rizqi yang menyenangkan bagi manusia dan diciptakannya kondisi bumi yang nyaman untuk dihuni menunjukkan bahwa Pencipta tersebut memiliki sifat Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pemberi Rizqi. Begitulah seterusnya, berbagai cabang sains, yang mengkaji beragam ciptaan Alloh secara parsial maupun global mampu mengungkapkan beragam Sifat Allah Yang Agung.
Sains dan Ketaqwaan Kepada Allah. Kesimpulan dari uraian singkat di atas adalah bahwa sains merupakan sarana yang sangat penting dalam memahami keberadaan Allah beserta sifat-sifat-Nya. Semakin luas dan dalam sains yang dipahami seseorang, maka keyakinannya tentang keberadaan Alloh akan semakin dalam. Semakin bertambah pengetahuan yang dimilikinya tentang seluk beluk alam semesta semakin tahu ia sifat-sifat Allah. Tidak mengherankan jika kemudian ia mudah mengingat Allah (berdzikir) ketika mempelajari sains (bertafakkur). Semakin bertambah pengetahuannya tentang sains yang digelutinya, semakin menjadikannya hamba yang mengenal dan bertaqwa kepada Alloh SWT.
Berbagai pemaparan tersebut di atas, dapat dikaitkan dengan Al Qur’an Surat Al Imron 190 dan 191:
3:190
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal.

3:191
191. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri , duduk , atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : “Ya Tuhan kami , tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia . Maha suci Engkau , peliharalah kami dari siksa neraka.
Oleh karena itu, bagaimanapun juga manusia tidak boleh lupa bahwa al-Quran bukan buku teks sains eksperimental, dan jika ia menerangkan beberapa fenomena alam, itu dikarenakan oleh beberapa alasan di bawah ini:
a)         Studi fenomena alam dan keajaiban-keajaiban penciptaan akan memperkuat keimanan manusia kepada Tuhan.
b)        Dengan keakraban terhadap kesempatan-kesempatan yang telah dianugrahkan Tuhan kepada manusia, ia lebih dapat mengenal Allah, dan dengan mendapatkan manfaat-manfaat darinya serta mereka dapat bersyukur kepada-Nya.

b.   Peranan sains dalam stabilitas dan pengembangan masyarakat Islam

Sebagaimana tujuan Islam yaitu membangun masyarakat tauhid dan untuk menjaga dari marabahaya yang diakibatkan orang-orang kafir, dunia Islam harus mandiri secara penuh. Agar dapat menjamin superioritas kebijaksanaan (policy) atas yang lainnya, orang Islam harus mampu berswasembada dan mandiri.
Pada masa sekarang ini, segala sesuatu berputar di sekitar poros sains dan teknologi. Oleh karenanya, agar menjadi merdeka dan mandiri, kebijaksanaan Islam harus memperoleh seluruh kemampuan keilmuan dan teknologi yang penting bagi kemandirian dan kemenangannya.
Mungkin sekarang banyak pertanyaan: “Sementara al-Quran mengatakan bahwa orang kafir takkan dapat menguasai orang-orang beriman, mengapa sekarang mereka dikuasai orang-orang kafir?” Jawabannya dapat ditemukan dalam kenyataan bahwa kaum Muslim sekarang tidak benar-benar beriman, mereka tidak melihat kewajiban-kewajiban mereka. Mereka juga tidak memiliki kesatuan dan juga tidak mencari ilmu dan yang lainnya yang telah dianjurkan dalam al-Quran.
Dalam perspektif Islam, imanlah yang menjamin penggunaan ilmu yang tepat. Dalam al-Quran, ilmu dan iman itu saling berdampingan. Sebagaimana wahyu pertama yang diterima nabi saw yang menganjurkan membaca, tetapi membaca tersebut tepat setelah menyebut nama Sang Pencipta, yang berarti menuntut ilmu harus atas nama Tuhan.
Di samping itu, Islam juga mendorong kaum muslim untuk melengkapi diri mereka dengan sains dan teknologi, untuk menjamin kemerdekaan dan perkembangan masyarakat Islam, demi menjaga aspek-aspek spiritual.

c.    Ilmu fisika ( Q.S Yunus : 61 )
Fisika adalah ilmu pengetahuan yang paling mendasar, karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda.bidang fisika biasanya biasanya dibagi menjadi gerak, fluida, panas, suara, cahaya, listrik dan magnet, dan topik-topik modern seperti relativitas, struktur atom, fisika zat padat, fisika nuklir, partikel elementer, dan astrofisika.
Mungkin kebanyakan dari kita mengira bahwa ilmu fisika itu berasal hanya dari pemikiran orang –orang ber IQ tinggi dan menghabiskan banyak waktu untuk meneliti sesuatu hingga kepalanya botak. Seperti  J.Thomson,Niels Bohr,Einstein dll. Tentu saja tidak demikian, jauh sebelum teori-teori fisika itu ditemukan. ALLAH SWT sudah menuliskannya didalam sebuah kitab suci yaitu al-Qur’an, yaitu terdapat dalam beberapa Ayat berikut :
·           Ayat yang menjelaskan tentang fisika nuklir(sesuatu yang lebih kecil dari atom (orang Arab menyebut sesuatu yang lebih kecil dari semut dengan dzarrah).definisi atom adalah bagian terkecil dari suatu zat / unsur yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.
1)        Dan tidaklah engkau (Muhammad)berada dalam suatu urusan,dan tidak mmbaca suatu ayat Al-Qur’an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan,melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya.Tidak lengah sedikitpun dari pengetahuan tuhanmu biarpun sebesar Zarrah,baik di bumi maupun di langit.Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan lebih besar daripada itu,melainkan semua tercatat dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz) (QS.Yunus:61)
2)        Dan orang-orang kafir berkata,”Hari kiamat itu tidak akan datang kepada kami.” Katakanlah “pasti datang,demi Tuhanku yang mengetahui yang ghaib,Kiamat itu pasti akan datangkepadamu.tidak ada yang tersembunyi bagiNYA sekalipun seberat zarrah baik yang dilangit maupun yang diBumi,yang lebih kecil dari itu atau yang lebih besar,semuanya (tertulis) dalam kitab yang jelas (Lh Mahfuz) (QS.Saba’: 3)
·           Ayat yang menjelaskan tentang teori rotasi bumi.
Perputaran itu disebut rotasi atau diartikan sebagai perputaran bumi pada poros/sumbunya, yang salah satu akibatnya adalah terjadi pergantian siang dan malam.
1)        Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran ALLAH) bagi orang2 yang berakal (QS.Ali Imran:190)
2)        Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya,dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya,agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaranNYA)kepada orang-orang yang mengetahui (QS.Yunus:5)

d.   Astronomi ( Q.S Lukman : 29 )
Al-Qur'an yang menjelaskan tentang astronomi dan kosmologi. Salah satu ayat yang ingin kita bahas adalah bahwa Allah yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing berjalan di orbitnya dengan bergerak sendiri.
Kata dalam bahasa Arab yang tertulis dalam Al-Qur’an kata kerja sabaha dan yaswabuna. Ini berarti gerakan yang berasal dari benda itu sendiri. Jadi, misalnya terjadi di dalam air berarti berenang, jika di atas tanah berarti berjalan. Maka, jika membicarakan tentang benda di luar angkasa, berarti benda tersebut berotasi sendiri. Dan ini menakjubkan, Al-Qur'an pada masa 1.400 tahun yang lalu sudah menyebutkan bahwa bumi, bulan, dan matahari berotasi. Jika anda pikir Matahari itu diam saja, maka anda salah. Matahari seperti halnya bumi dan bulan juga berotasi. Tentu bumi berotasi mengelilingi matahari, dan matahari berotasi pada sumbunya sendiri.
Bumi mengorbit di sekitar matahari dan matahari mengorbit di pusat galaksi. Karena matahari terus mengorbit, maka dia akan berakhir di suatu titik yang disebut solar apex, yaitu di pusat galaksi. Jadi, Al-Qur'an menyebutkan tentang bukti-bukti ilmiah dengan sangat akurat.

Gagasan silih bergantinya malam dan siang, dan sifat bumi sebenarnya tersirat dalam surat Luqman ayat 29:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى وَأَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (٢٩)

 “Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Luqman:29)


e.    Biologi ( Q.S An-Naaziat : 30-31 )

Ilmu biologi yang terdapat dalam Al-Qur’an yaitu tertera dalam beberapa ayat-ayat berikut:
1.      Bumi dan tumbuh-tumbuhan (QS. An-Naaziat 30-31)
وَالأرْضَ بَعْدَ ذَلِكَ دَحَاهَا
“Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.(QS. An-Naaziat:30)
أَخْرَجَ مِنْهَا مَاءَهَا وَمَرْعَاهَا
“Ia memancarkan daripadanya mata airnya dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya.(QS.An-Naaziat;31)
2.      Proses kejadian manusia dalam rahim ibunya (QS. Az-Zumar:36)
Dalam Al Qur'an dipaparkan bahwa manusia diciptakan melalui tiga tahapan dalam rahim ibunya.
خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ الأنْعَامِ ثَمَانِيَةَ أَزْوَاجٍ يَخْلُقُكُمْ فِي بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ خَلْقًا مِنْ بَعْدِ خَلْقٍ فِي ظُلُمَاتٍ ثَلاثٍ ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ فَأَنَّى تُصْرَفُونَ (٦)

Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. tidak ada Tuhan selain dia; Maka bagaimana kamu dapat dipalingkan” (Az Zumar : 6)

Sebagaimana yang akan dipahami, dalam ayat ini ditunjukkan bahwa seorang manusia diciptakan dalam tubuh ibunya dalam tiga tahapan yang berbeda. Sungguh, biologi modern telah mengungkap bahwa pembentukan embrio pada bayi terjadi dalam tiga tempat yang berbeda dalam rahim ibu. Sekarang, di semua buku pelajaran embriologi yang dipakai di berbagai fakultas kedokteran, hal ini dijadikan sebagai pengetahuan dasar. Misalnya, dalam buku Basic Human Embryology, sebuah buku referensi utama dalam bidang embriologi, fakta ini diuraikan sebagai berikut:
"Kehidupan dalam rahim memiliki tiga tahapan: pre-embrionik; dua setengah minggu pertama, embrionik; sampai akhir minggu ke delapan, dan janin; dari minggu ke delapan sampai kelahiran." (Williams P., Basic Human Embryology, 3. edition, 1984, s. 64.)
Hal ini membuktikan bahwa Al-qur’an merupakan kitab suci yang berisi tentang segala ilmu dan aturan-aturan yang membawa kita kepada kehidupan yang baik dunia dan akhiran.




























BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan

Dari penjelasan materi pada pembahasa diatas, akhirnya dapat diambil beberapa kesimpulan  sebagai berikut:
1.      Ilmu kealaman yang disebut juga dengan “Natural Scienses” adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan benda-benda serta perkembangannya. Sumber dari ilmu ini adalah alam.
2.      Peran sain adalah sarana menanamkan aqidah dan memperkuat iman serta mendekatkan diri kepada Allah SWT, lewat alam sekitar.
3.      Peranan sains dalam stabilitas dan pengembangan masyarakat Islam, tujuan yaitu  menjadi merdeka dan mandiri.
4.      Adapun ayat-ayat Al-qur’an yang berbicara mengenai ilmu kealaman (sain), yaitu :
·      Ilmu fisika ( Q.S Yunus : 61 )
·      Astronomi ( Q.S Lukman : 29 )
·      Biologi ( Q.S An-Naaziat : 30-31 )


B.  Saran

Demikianlah makalah ini, Akhirnya kepada Allah jua-lah kita berharap, disini kami sangat berharap mudah-mudahan Makalah ini berguna bagi kita semua sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, agar memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.
Untuk itu kritik dan masukan yang bersifat membangun dari Dosen pembimbing dan teman-teman sangat kami harapkan.





DAFTAR PUSTAKA
v  Hasan Basri Hasan Cik, TradisiBaru Penelitian Islam; Tinjauan antar disiplin ilmu, M. Deden Ridwan, ed, (Bandung, 2001)
v  Hasbullah Moeflieh, Gagasan dan Perbedaan; Islamisasi Ilmu Pengetahuan, ed. (Pustaka Cidesindo, Jakarta, 2000)









12 komentar:

Anonim mengatakan...

Materi saya copy ya untuk bacaan..

Unknown mengatakan...

Rental Mobil Solo Murah - Sewa Mobil Solo Murah - Grosir Baju Muslim Solo - Grosir Hijab Syar'i Solo - Situs Informasi Solo - Portal Bisnis Solo - Jasa Website Solo - Nava Hotel - Mebel Indonesia Online - Portal Informasi Bisnis Solo

DewaZeus mengatakan...

PROMO NEW MEMBER 15%

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan bandar master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

Juga Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man pada beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

https://dewazeus.pw/tag/ayam-pilipin/
https://dewazeus.pw/deposit-via-pulsa/

Ayo daftar sekarang di dewazeus.pw

CemePoker mengatakan...

BONUS NEW MEMBER 20%

CemePoker yaitu duta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka ragam banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai duta judi poker dengan rating win tertinggi.
cemesamgong.com menjamin 100% keamanan seputar membernya pun pemain Poker ana dipastikan 100% Player VS Player.
jangan teledor nantikan kompensasi merenggut tiap-tiap bulannya dan ganjaran referal seusia hidup

Baca juga :
artikel poker

Ayo main sekarang di www.cemesamgong.com

museum poker mengatakan...


judi online yg bertingkat International, valid dan terpercaya hanya dijudi dadu online pulsa

BolaZeus mengatakan...

DEPOSIT BISA VIA PULSA!

Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa layanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online bagi kamu di duta judi online yg bertaraf International, berlaku dan terpercaya hanya di zeusbola.

Sbg Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man untuk beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.


https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/


Ayo daftar sekarang di bolazeus.biz

Sisil Chintya mengatakan...

Dijaman sekarang, untuk bermain Judi Online yang terpenting adalah memilih Agen Bandar Terbaik dan Terpercaya, tidak perlu Anda cari lagi Agen tersebut, karena S128Cash adalah Bandar Judi Online yang Terbaik dan Terpercaya.

S128Cash merupakan salah satu Situs Judi Online yang menyediakan semua permainan yang lagi populer-populernya di kalangan Indonesia seperti : Sportbooks, LiveCasino, Sabung Ayam Online dan masih banyak permainan lainnya.

Disini juga menyediakan berbagai PROMO BONUS menarik seperti :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS FREEBET 200rb
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

Untuk bermain, Anda tidak perlu khawaitr karena disini minimal deposit hanya 25rb.
Buat Anda yang tidak ingin deposit menggunakan ATM atau ATM Anda lagi kosong, disini Anda dapat deposit menggunakan PULSA, OVO, dan GOPAY.
Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Segera Daftar S128 Anda bersama kami
Contact US :
- Livechat : S1288Poker
- WhatsApp : 081910053031

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

BabbyChel mengatakan...

SITUS TARUHAN JUDI ONLINE TERLENGKAP & TERPERCAYA DI INDONESIA

SITUS ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM S128 & SV388 | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

Support Transaksi

DEPOSIT ALL BANK LOKAL INDONESIA | DEPOSIT VIA PULSA | DEPOSIT VIA OVO | DEPOSIT VIA DANA | DEPOSIT VIA PAYPRO | DEPOSIT VIA GOPAY | DEPOSIT VIA LINKAJA

Join Now, Bersama Situs Zeus Bola Berlisensi Resmi.

Live Chat : zeusbola
Whatsapp Zeusbola : +62 813-3355-5996


Link Alternatif ZEUSBOLA :
http://104.248.148.252/
Zeus Bola

Daftar Judi Online Deposit Via LinkAja Tcash
http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
Sabung Ayam Deposit LinkAja – S128 LinkAja


Poker Pulsa
Judi Poker Pulsa
Slot Pulsa
Judi Slot Pulsa

Kujungi Juga :


https://medium.com/@marketingzeusbola/daftar-s128-via-whatsapp-zeusbola-93a6c3a7ccd1

Togelpulsa mengatakan...

Situs Agen Togel Terpercaya Bisa Depo Pulsa Di MUSEUMTOTO – Bermain judi Togel di Situs Agen Togel terpercaya sangat penting bagi Anda. Karena apa? Anda bisa meniti kesuksesan tak terbatas jika memaksimalkan kemampuan di permainan nanti.

Casino Online :

Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

Agen Togel Via Pulsa
Agen Togel Terpercaya
Situs Togel Pulsa
Agen Togel Hongkong
Agen Togel Singapura
Agen Togel Sidney
Agen Toto Macau
useumtoto IDNLive

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

Museum Bola
Museum Poker
Museum Ayam
Museum Toto

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank JENIUS / BTPN

Bank MANDIRI


PROMO

• Bonus New Member 20%
• Bonus Next Deposit 5%
• Bonus Cashback Casino Up To 10%
• Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
• Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

Diskon dan Hadiah

• 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
• 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
• 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
• Minimal Deposit : 10.000
• Minimal Withdraw :50.000
• Minimal Betting : 500


EXTRA BONUS
HADIAH PRIZE II:
• 4D : 200.000
• 3D : 60.000
• 2D : 10.000

HADIAH PRIZE III:
• 4D : 100.000
• 3D : 40.000
• 2D : 5.000


Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Diskon dan Hadiah Paling Besar.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

WA : +6283157394921

CHAT SEKARANG KLIK DISINI

Alamat Situs Alternatif :

LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

BO TOGEL DEPOSIT PULSA TERMURAH HANYA DI MUSEUMTOTO

SITUS AGEN TOGEL TERPERCAYA BISA DEPO PULSA DI MUSEUMTOTO

msmcalista mengatakan...

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Pot Limit Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Poker Online Uang Asli Tanpa Deposit

Freechip natal & tahun baru

raelenelaberge mengatakan...

Casino: No Limit slots | DrmCD
Slot 경상남도 출장안마 machines, poker tables, and 구리 출장안마 more are among the 의정부 출장샵 staples 김포 출장샵 of gaming, from all over the 충청남도 출장안마 world. From video poker to blackjack, ‎All Games · ‎Casino Games · ‎Casino Locations · ‎About · ‎About

edward john mengatakan...

Islam memandang ilmu kealaman adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang alam semesta, planet, bintang, galaksi, dan benta-benda langit lainnya. Islam memiliki kedudukan yang penting untuk mengenal Allah SWT, menciptakan alam semesta dengan sempurna dan teratur, dan mendorong umatnya untuk mengembangkan ilmu kealaman. Islam memandang ilmu kealaman adalah bagian dari ilmu yang diturunkan oleh Allah SWT. Islam memandang ilmu kealaman dapat memperkuat keyakinan umat Islam kepada Allah SWT. Islam memandang ilmu kealaman adalah sarana untuk mengenal Allah SWT, meningkatkan kesejahteraan manusia, memahami lingkungan, dan mengembangkan teknologi dan inovasi.
virginia motorcycle accident lawyer

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates